Thursday, November 3, 2016

Yamaha Tricity dan "Blue Ocean" Market Strategy nya Yamaha

Yamaha Tricity

grendaseba666.blogspot.com- Masih ingat,awal awal Yamaha Mio generasi awal Rilis?? Siapa yang akan menyangka langkah Yamaha menghadirkan Matic tersebut membuat motor matic di Indonesia bak kacang goreng seperti sekarang ini. Sementara Kompetitor masih sibuk dengan bebek-nya Di acara IMOS 2016 saat ini masih berlangsung YIMM Selaku pemegang merek Yamaha Indonesia menelurkan produk roda dua  Tiga nya di acara yang berlangsung di Jakarta tersebut.


Yupss!!!Yamaha Tricity!!! Itulah namanya, Matic yang mengusung roda depan kembar  dan roda belakang satu, alias roda tiga, menyapa publik tanah air sebagai pemain tunggal untuk segment sepeda motor kelas Entry sampai Mid level (karna ada PIAGIO Mp3 yang udah rilis duluan tapi harga tidak masuk akal). 

Langkah yang di ambil jelas langkah yang cerdas, Yamaha tau betul kondisinya untuk melawan pabrik  sebelah dengan inisial "Honda" (malah di sebutin.. heheh) dengan segala keunggulan kapasitas produksi dan R&D nya tidak akan mampu bertahan lama di sana, yang ada ya bertahan beberapa tahun dan abis. Contoh: Pasar Mio perlahan namun pasti, KO juga, Pasar sport Vixion, yang udah mulai kembang kempis di hajar CB, Belum lagi R25, CBR250RR belum rilis resmi juga udah kena imbasnya, dan lain sebagainya.

Ok, kembali pada judul, dengan melakukan strategy "Blue Ocean" kata orang gombong... maka Yamaha memang bermain layaknya di Kolam yang masih biru, istilah lain Kompetitor belum masuk kesana, meskipun nantinya kompetitor akan ikut juga jika langkah ini dinilai berhasil, minimal Yamaha bisa tetap bertahan untuk menguasai kolam marketing mereka meskipun hanya beberapa tahun. Sebenarnya strategy tersebut juga di lakukan oleh geng Ijo Kawasaki untuk semua lini produknya, liat saja produk Kawasaki, selalu beda dari pabrikan lain.

Last... lagi lagi memberikan harga yang kompetitif adalah kunci utama bermain di pasar yang tergolong sempit ini. Yamaha, teruslah ber inovasi mengeluarkan produk produk unggulan yang diminati konsumen Indonesia. Yamaha Tricity.... pasti sampean akan di lirik ketika berenti di lampu merah. Unik cuuk.... (G6)

Image From dapurpacu.com















No comments:

Post a Comment